Selasa, 03 November 2015

TK AL-GHIFARI MELAKSANAKAN PRAKTEK MANASIK HAJI

Pada hari Kamis, tanggal 22 Oktober 2015 lalu, RA/TK Al-Ghifari telah melaksanakan praktek manasik haji di tahun ajaran 2015/2016 ini. Kegiatan dimulai di pagi hari pukul 05:00 ketika langit masih gelap. Anak-anak kelas B yaitu kelas Mawar dan kelas Melati mulai berdatangan ke sekolah dengan memakai pakaian ihram untuk laki-laki dan pakaian seragam putih plus kerudung untuk perempuan. 

Satu persatu siswa terus berdatangan, setelah di absen dan diberi tag nama serta pemeriksaan berbagai asesoris praktek manasik seperti kantung kain untuk batu, batu kerikil kecil 21 buah, selendang nama sekolah, topi, kacamata hitam, tiket masuk lapangan, uang seribu rupiah untuk dam dll. Para siswa dan guru pembimbing bergegas menaiki mobil jemputan yang telah tersedia menuju Lapangan Tegalega untuk mendapat nomor kloter. Ternyata begitu  tiba di bagian pendaftaran pukul 05:30 pagi rombongan TK Al-Ghifari mendapatkan nomor kloter 12.

Tidak berapa lama, terdengar pengumuman dari panitia bahwa peserta kloter 1-20 dipanggil ke dalam lapangan sehingga siswa-siswi peserta dapat langsung melaksanakan praktek manasik haji.








Setelah masuk ke dalam lapangan, kloter anak-anak dari berbagai RA di kota Bandung termasuk kloter 12 dari RA Al-Ghifari, beriringan melaksanakan berbagai praktek manasik. Dimulai dengan membaca talbiyah sepanjang perjalanan ke Arafah, kemudian wukuf di Arafah sambil membaca do'a wukuf, dilanjutkan dengan mabit di Mudzalifah sambil memungut batu kerikil. Ketika sampai Mina membaca do'a sambil melempar Jumrah ula, wustha, dan aqobah dengan batu kerikil kecil yang sudah ada di kantong batu masing-masing siswa sambil mengucapkan do'a setiap kali melempar batu, setelah membaca do'a selesai jumrah kemudian rombongan berjalan menuju ka'bah sambil berdo'a melihat ka'bah sambil tawaf 7 putaran. Setelah itu, rombongan menuju maqam Ibrahim sambil berdo'a dan kemudian menuju ke tempat sumur air zam-zam dan meminum air zam-zam. Dilanjutkan menuju ke tempat Sa'i dimulai dari bukit Shafa dan diakhiri di bukit Marwah 3 kali putaran. Praktek manasik terakhir adalah tahalul atau menggunting rambut untuk siswa laki-laki.

Selesai tahalul, praktek manasik haji dinyatakan selesai. Rombongan TK Al-Ghifari bergerak keluar dari lapangan menuju ke tempat lapang yang teduh di sekitar taman untuk beristirahat dan makan siang yakni menu nasi ayam dan minum dari Mc Donalds yang telah disediakan oleh pihak sekolah.








Praktek manasik haji tahun ini alhamdulillah lancar, jam 07:00 mulai praktek manasik kemudian jam 07:45 sudah selesai. Sekitar pukul 10:00 setelah selesai makan dan istirahat para siswa sudah banyak yang telah pulang ke rumah dijemput oleh orang tua masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar